5 Do’s and Don’ts Sebagai Project Manager

5 Do’s and Don’ts Sebagai Project Manager

Manajer proyek berperan penting dalam mengawal proyek dari awal hingga selesai untuk memastikan tujuan tercapai secara efisien. Berikut adalah do’s and don’ts yang dapat diterapkan:

Yang Harus Dilakukan:

  1. Melibatkan Tim dalam Pengambilan Keputusan: Mulailah dengan merancang strategi yang jelas dan aktif mendorong komunikasi transparan antar tim.
  2. Gunakan Alat Bantu Manajemen Proyek: Manfaatkan platform seperti Asana, Monday, Basecamp, dan Trello untuk memantau kemajuan proyek secara real-time.
  3. Tetapkan Batas Waktu yang Realistis: Penting untuk menetapkan tenggat waktu yang dapat dicapai guna menghindari tenggat waktu yang tidak realistis bagi semua anggota tim proyek.
  4. Delegasikan Tugas dengan Efektif: Pendelegasian tugas kepada individu yang tepat adalah kunci kelancaran proyek.
  5. Apresiasi atas Suatu Pencapaian: Mengakui pencapaian-pencapaian kecil dapat sangat membantu dalam memotivasi tim.

Yang Tidak Boleh Dilakukan:

  1. Hindari pertemuan yang tidak perlu: Terlalu banyak pertemuan dapat menghambat produktivitas, lebih baik menggunakan email jika memungkinkan.
  2. Fokus pada solusi daripada menyalahkan: Berfokuslah pada menyelesaikan masalah daripada mencari kesalahan.
  3. Jangan mengatur terlalu detail: Hindari mengatur setiap detail kecil, fokuslah pada manajemen keseluruhan proyek.
  4. Ajak untuk memberikan umpan balik: Dorong tim untuk memberikan umpan balik atau saran untuk meningkatkan strategi dan mengidentifikasi kelemahan.
  5. Tetap realistis dalam menetapkan harapan: Buatlah target yang realistis agar tidak menurunkan semangat tim.

Manajemen proyek yang efektif membutuhkan keputusan yang tepat dan kepemimpinan strategis. Dengan mengikuti praktik terbaik dan menghindari kesalahan umum, manajer proyek dapat mencapai keunggulan. Pada akhirnya, keunggulan manajemen proyek dapat dicapai melalui penerapan prinsip-prinsip ini secara sadar. Kolaborasi, pemanfaatan alat teknologi, dan penerapan prinsip-prinsip ini secara sadar akan membantu menyelesaikan proyek dengan sukses.

Referensi: Dos and Don’ts of Project Management (Domestika, 2023)

admin
info@avenew.co.id
No Comments

Post A Comment

WhatsApp Type your message