Fungsi Project Management Office (PMO) dalam Bisnis

Fungsi Project Management Office (PMO) dalam Bisnis

Project Management Office (PMO) adalah salah satu istilah yang sering disebut di dunia project management atau manajemen proyek. Apa itu Project Management Office?

Definisi

Project Management Office (PMO) adalah struktur dalam manajemen yang melakukan standarisasi proses yang berhubungan dengan proyek dan berkoordinasi dalam penggunaaan sumber daya, metodologi, alat dan teknik. Artinya PMO adalah divisi dalam kantor yang menentukan standar manajemen proyek.

 

Tipe-Tipe Jenis PMO

Di dalam perusahaan, PMO memiliki beberapa tipe jenis diantaranya:

  • Supportive

PMO jenis ini membantu dalam fungsi konsultatif. Bantuan-bantuan seperti pelatihan, akses terhadap informasi dan pelajaran dari proyek-proyek lain akan disediakan oleh PMO jenis ini. PMO tipe ini juga bertindak sebagai penyimpan informasi dan memiliki tingkat pengawasan yang lemah terhadap proyek

  • Controlling

Berbicara mengenai syarat-syarat pemenuhan yang dibutuhkan oleh proyek, maka berbicaralah dengan PMO tipe ini. Jika proyek membutuhkan adopsi metodologi dan framework manajemen proyek, serta penggunaan alat yang spesifik untuk proyek, PMO tipe ini adalah pihak yang tepat. Tipe PMO ini memiliki tingkat pengawasan yang lumayan untuk mengontrol proyek.

  • Directive

PMO jenis ini tidak hanya bertugas sebagai konsultan dan penyedia jasa proyek tetapi juga pengawas langsung proyek. Mereka biasanya menunjuk project manager yang kompeten dalam mengelola proyek. Nantinya project manager ini akan melaporkan Kembali tentang bagaimana jalannya proyek ke mereka. Tingkat pengawasan oleh PMO jenis ini sangatlah tinggi karena bersifat langsung.

 

Keuntungan

Membuat divisi PMO dalam perusahaan memiliki beberapa keuntungan:

  1. Keteraturan, memastikan keputusan diambil oleh pihak yang tepat berdasarkan informasi yang cukup
  2. Transparansi, memastikan informasi yang didapatkan valid dan akurat
  3. Pemanfaatan, memastikan penggunaan dokumen dan pembelajaran dari proyek sebelumnya serta penyiapan templat
  4. Pendukung kesuksesan, membantu manajer dan tim proyek untuk bekerja lebih efektif dengan memberikan pendampingan, pengembangan kapabilitas dan memastikan kualitas
  5. Pemantauan, melakukan pengelolaan dokumen dan data-data proyek untuk menjadi kekayaan intelektual perusahaan.

 

Melihat banyaknya manfaat dari keberadaan PMO, bisa jadi kantor kamu perlu membuat divisi ini. Namun, jika tidak memungkinkan, Avenew bisa menyediakan jasa konsultasi proyek untuk memecahkan masalah dalam proyek perusahaanmu.

avenew
board@avenew.co.id
2 Comments

Post A Comment

WhatsApp chat