Milestone dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Milestone dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Apakah kamu sering telat masuk kantor? Ada tujuan yang ingin kamu capai tapi selalu bingung kamu sudah sampai mana? Atau pekerjaan kamu tidak pernah dianggap sebagai kemajuan yang berarti karena tidak ada ukuran yang pasti untuk mengukurnya? Mungkin kamu perlu menetapkan milestone dalam kehidupan kamu.

Apa Itu Milestone?

Menurut Bayu Aditya Firmansyah PMP, Milestone adalah target-target atau capaian-capaian yang perlu dipenuhi dalam setiap kegiatan. Milestone tidak memiliki durasi. Milestone hanya digunakan sebagai penanda apakah kegiatan sudah mencapai target atau belum.

Menjadwalkan Kegiatan dengan Milestone

Penjadwalan menggunakan milestone membuat kegiatan mu berjalan lebih efektif. Hal ini karena Milestone menyediakan cara untuk mengestimasikan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kegiatan atau proyekmu secara akurat dengan menandai tanggal dan event penting.

Penerapan Milestone dalam Kehidupan Sehari-Hari

Asumsikan kantor kamu menginginkan kamu datang ke kantor tepat waktu pada pukul 8.00 pagi. Kantormu berada di Kemang sedangkan rumahmu berada di Depok. Kamu harus tiba di kantor tepat waktu atau bahkan lebih awal dari pukul 8.00. Disana kamu juga harus absen sidik jari, jika tidak sepagi apapun kamu bangun tidur dan berangkat ke kantor, usahamu tidak akan dihitung. Oleh karena itu, jadikan tiba di kantor tepat waktu sebagai “proyek” yang harus kamu sukseskan.

Jarak antara rumahmu dan kantor dapat ditempuh dalam waktu satu jam. Kamu akan menggunakan motor untuk menuju kesana. Oleh karena itu, kamu harus berangkat maksimal jam 7 pagi. Selama perjalanan, kamu harus memiliki target dan tenggat waktu dalam mencapainya. Misal, pada pukul 7.30 kamu sudah harus sampai daerah Tanjung Barat, dan pada pukul 7. 40 kamu sudah harus sampai lampu merah Pejaten.

Jangan lupa! Kedatangan kamu tidak akan dihitung jika kamu tidak absen sidik jari. Oleh karena itu kamu sudah harus ada di depan kantor pada pukul 7.50 – 7.55. Sisa waktu 5-10 menit dapat kamu gunakan untuk memarkir motor dan jarimu akan sampai di pemindai sidik jari tepat waktu.

Target kamu untuk sampai di Tanjung Barat di pukul 7.30 adalah milestone yang harus kamu capai untuk bisa sukses sampai kantor tepat waktu. Jika kamu baru sampai di tanjong barat pada pukul 7.35, artinya kamu harus mencari jalan yang lebih lenggang atau memacu motormu lebih cepat untuk bisa sampai di Kemang tepat waktu. Dengan milestone, kamu dapat dengan mudah mengukur progress pencapaianmu dan merencanakan kegiatanmu sehari-hari.

admin
info@avenew.co.id
No Comments

Post A Comment

WhatsApp Type your message